Umpan Balik Dalam Pelatihan Outbound Training

Umpan balik adalah penjelasan tentang perilaku (kegiatan,tugas,situasi) yang di berikan kepada seseorang, yang menunjukan perilaku orisinilnya. Ada tiga komponen dalam memberi umpan balik, yaitu ; pre-Critique , Concurrent Critique dan Post Critique. Untuk pelatihan Outbound training ini cukup di jelaskan “pre-critique”, yaitu menyampaikan umpan balik sebelum proses berlangsung.

Dalam pre-Critique ada beberapa hal yang perlu di perhatikan seperti ;

Planning —rencanakan umpan balik yang akan di sampaikan
Penjelasan mengenai aturan dan tanggung jawab
Tujuan dari umpan balik
Hal-hal lain yang berhubungan dengan proses pembentukan (forming)

Memberikan umpan balik

A.lakukan dengan tulus, jujur dan terbuka namun tetap mengindahkan kaidah kesopanan untuk menjaga harga diri orang yang di beri umpan balik. Mantapkan pada sikap positif, bantu untuk meemperbaiki perilaku yang tidak efektif atau kurang mengena.

B. Arahkan pada hal-hal khusus dan terperinci; hal apa yang paling aktual sudah dikatakan dan di lakukan,mengapa hal tersebut efektif dan tidak efektif (baik atau buruk), mengapa sebaiknya demikian.

C. Jangan memberikan umpan balik pada ; hal-hal samar atau tidak jelas,dengan mengira ngira maksud,terpusat pada perilaku negatif saja

Menerima Umpan balik dalam pelatihan outbound training

Dalam menerima umpan balik sebaiknya; Menerima sebagai kesempatan istimewa untuk belajar, mendengarkan dengan penuh perhatian, meminta contoh-contoh terperinci
Dalam menerima umpan balik sebaiknya jangan;membela/mempertahankan perilaku,memperbincangkan pengalaman-pengalaman lain.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *